JURUSAN BIOLOGI
FAKULTAS MATEMATIKA dan ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
SILABUS MATA KULIAH
(Rencana Satu Semester)
A. INFORMASI UMUM
Fakultas : MIPA
Jurusan/
Program Studi : Biologi/ Pendidikan
Biologi
Mata Kuliah : Pengalaman Lapangan
Pendidikan
(Micro Teaching)
Kode Mata
Kuliah : L005/o030
Jumlah SKS : 4 SKS
Waktu Kuliah : disesuaikan jadwal kuliah
Dosen Pembina : Drs. Whardy Murad, Drs. Armen,
SU,
Prof. Dr. Lufri, M.S. Heffi Alberida, M.Si
B. DESKRIPSI
MATA KULIAH/ SINOPSIS
Garis
Besar dan Isi Mata Kuliah :
Dalam mata
kuliah ini membahas calon guru berlatih dan menguasai berbagai keterampilan
dasar mengajar guru secara berlapis dan berulang sebagai wujud sintesis dari
semua kemampuan yang telah didapat dalam setiap mata kuliah Proses Belajar
Mengajar dan mempraktekan bimbingan supervise klinis. Latihan keterampiloan dasar mengajar dalam
bentuk mikro (Peer Teaching) : Keterampilan bertanya dasar keterampilan
memberikan penguatan, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan
menjelaskan, keteampilan membuka dan menutup pelajaran, ketertampilan mengola
kelas, keterampilan memimpin dikusi kelompok keterampilan mengajar kelompok
kecil.
C. TUJUAN MATA KULIAH
Mata kuliah
ini bertujuan agar mahasiswa terampil menggunakan keterampilan dasar mengajar
guru secara utuh Dallam melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar Biologi di
sekolah menengah.
D. PRASYARAT MATA KULIAH KEAHLIAN BERKARYA (MKB)
(KHUSUS UNTUK BIDANG STUDI)
Telah lulus atau telah mengikuti mata
kuliah :
- Strategi belajar mengajar Biologi
- Telaah kurikulum biologi SMU
- Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajarasn Biologi
- Media Pendidikan Biologi’
- Pengembangan Program Pengajaran Biologi.
E. REFRENSI
a. Wajib
1. (1997) Buku Pegangan Program Pengalaman
Lapangan (PPL) Proyek. Pengem-
bangan Guru Sekolah Menengah, Dirjen Dikti
Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan, Jakarta
- Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Umum, Jakarta (1993).
1.1. Kurikulum
SMU 1994 dan Kurikulum SMU 2004
1.2. GBPP
Mata Pelajaran Biuologi
1.3. Penunjuk
Pelaksanaan PBM mata Pelajaran Biologi Menurut Kurikulum SMU 1994.
b. Anjuran
1. Buku–buku pelajaran Biologi yang digunakan di
Sekolah (Lapangan)
2.
Buku–buku yang berkaitan dengan Strategi Belajar Mengajar Biologi
dan Pengembangan Program Pengajaran
Biologi.
F. METODA/ MEDIA
1. Ceramah
2. Dikusi
3. Tanya Jawab
4. Demontrasi
G. EVALUASI
a. Lomponen dasar Penilaian
i. Komnponen komponen Dasar Penilaian
1. Nilai
latihan setiap keterampilan mengajar 40 %
2.
Nilai Tugas (SP,RP, dll) 20
%
3.
Nilai Latihan Mengajar grgh (Ujian) 40
%
b. Syarat Kehadiran minimal 80 %
download
http://www.ziddu.com/download/13157930/MicroTeaching.doc.html
0 comment:
Posting Komentar
Silahkan isi komentar anda disini ^_^