"Selamat datang diblog imajinasiku "Pandani Blog", Blog ini hanya sekedar catatan kecil untuk berbagi informasi dan ilmu pengetahuan, isi blog ini merupakan kutipan dari artikel-artikel menarik yang saya baca dari teman-blogger.konten isi: unik,aneh,terselubung,lucu,menarik,di dunia,tapi nyata,dan langka,BLOGSPOT,BLOGGER,aneh22,video,gambar,ajaib,bin ajaib,sungguh,penuh kuasa,unik77.tk,unik4u,unic77.tk,gokil,extreme,medis,kriminal,arkeologi,antariksa,UFO,dinosaurus,kita,flora,fauna,misteri,bumi,militer,hiburan,ekonomi,bahasa, teknologi,sejarah,politik,tokoh,hukum,mumi,rumor,motivasi,moral,hewan,tumbuhan,tips trick,kuliner,otomotif,pendidikan,galleri,musik,sms,hantu,wallpaper,artis indonesia,foto,download. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan alamat sumber artikel yang ada di blog ini. semoga isi blog ini bisa bermanfaat bagi semua ^_^" ".
CAUTION....!!! "Makasi atas kunjungannya Sob".
Harap tinggalkan pesan atau komentar Sobat semua mengenai blog ini, Salam hangat... buat semua

by: pandani
Irfan Dani | Buat Lencana Anda
BannerFans.com
 style=

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.
Free Website Hosting

DAFTAR ISI BLOG

imajinasiku......!!! Headline Animator

Selasa, 28 Desember 2010

Silabus Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian Pendidikan


FAKULTAS MATEMATIKA dan ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
JURUSAN BIOLOGI

SILABUS  MATA KULIAH
(Rencana Satu Semester)

A. INFORMASI UMUM
Fakultas                             : MIPA
Jurusan/ Program Studi     : Biologi/ Pendidikan Biologi
Mata Kuliah                      : Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian Pendidikan
Kode Mata Kuliah            : L005/o030
Jumlah SKS                      : 4  SKS
Waktu Kuliah                    : disesuaikan jadwal kuliah
Dosen Pembina                 : Drs. Whardy Murad, Drs. Armen, SU,
                                            Prof. Dr. Lufri, M.S. Heffi Alberida, M.Si

B. DESKRIPSI MATA KULIAH
     1.  Kedudukan mata kuliah :
    Mata Kuliah ini merupakan matakuliah Prilaku Berkarya (MPB) dengan Kompetensi
    Pendukung.
2. Sinopsis Mata Kuliah :
Mata kuliah ini membahas: pengantar Filsafat ilmu, pendekatan non ilmiah dan ilmiah, penelitian dan pengembangan ilmu, masalah penelitian, latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, asumsi, hipotesis, pertanyaan penelitian kegunaan penelitian, defenisi operasional, kerangka teoritis jernis penelitian, desain penelitian, populasi dan sample, teknik pengambilan sample, variable, data, instrument, teknik analisis data  dan tata tulis penulisan karya ilmiah dan laporan penelitian atau tugas akhir.

3. Standar Kompetensi
Setelah mengikuti matakuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu menguasai konsep – konsep dasar filsafat ilmua dan metodologi penelitian dan mampu menerapkannya dalam memecahkan masalah penelitian atau melakukan penelitian.

       4. Prasyarat tidak ada

C. KEPUSTAKAAN
1.   Anastasi, Anne dan Urbina, Susana. (1998) Tes Psikologi. Diterjemahkan oleh :  
      Robertus Hariono S. Imam, MA. Jakarta. PT. Prehallindo
  1. Ardhana, W.  (1987). Bacaan Pilihan dalam Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Depdikbud. Dirjen Dikti. Proyek Pengembangan Lembaga Tenaga Kependidikan.
  2. Arikuntolo, Suharsimi. (1992)  Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Arikuntolo, Suharsimi. (2001). Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi).  
Jakarta : Bumi Aksara.
  1. Cambell, D.T. (1963). Experimental and Quasai – Experimental Designs for Research. \Chicago,  Rand Mc. Nally College Publishing Company.
  2. Cochran, W.G. (1963). Sampling Techniques (2ndEd) New York: Jonh Wiley & Sons, Inc.
  3. Cook, T.D.  Cambell, D.T. (1979). Quasai – Experimentation. Boston, Dallas, Geneva III, London: oughton Miffin Company.
  4. Faisal, Sanapiah dan Muloyadi Guntur Warseso. (1983) Metodsologi Penelitian Pendidikan. Surabay Usaha Nasional.
  5. Fraenkel, Jack R. dan Wallen, Norman E. (1996). How to Design and Evaluate Research in Education. (3thEd.). New York. Mc. Gra – Hill, Inc.
  6. Gay, L.R. (1987). Educational Research . (3thEd.).London: Merrill Publishing Compay.
  7. Gronludn, N.E. dan Linn, R.L. (1990). Measurement and Evaluation in Teaching. (6thEd.) New York  Macmillan Pulbishing Company.
  8. Hadi, Sutrisno. (1986). Statistika Jilid III. Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM.
  9. Lufri dan Ardi (2000). Metodologi Penelitian. Padang: Jurusan Biologi FMIPA UNP.
  10. Mason. E.J. dan W.J. Brambel. (1989). Understanding and Conducting research. (2th Ed.). New York. Mc. Graw-Hill Book Comp.
  11. Moleong, L.J. (1997). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
  12. Muller, Daniel  J., (1992). Mengukur Sikap Sosial. Diterjemahkan oleh: Drs. Eddy Soewardi Kartawdjaja, M.Pd. Jakarta: Bumi Aksara.
  13. Nazir, Mhd. (1983). Metode Penelitian : Ghalia Indonesia
  14. Nasution. (1987) Metodologi Research. Bandung : Jemmars
  15. Nasution. 1988) Metodologi Research Naturalistik Kulitatif. Bandung : Tarsito.
  16. Singarimbun, Masri dan Effendi, Sofian (Ed). (1995). Metodologi Penelitian Survai.  Jakarta: LP3ES.
  17. Suwarno, Bambang. (1987). Metode Kuantitatif Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial dan Pendidikan. Bandung : Sekolah Pasca Sarjana IKIP Bandung.
  18. Sudjana, N. & Ibrahim (1989). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung PN. Sinar Baru.
  19. Sudjana. (1988). Disain dan Analisis Eksperimental. Bandung Tarsito.
  20. Steel, R.D. dan J.H. Torrie. (1989). Prinsip dan Prosedur Statistika.  (terjemahan) Jakarta: P.T. Gramedia.
  21. Suryabrata, Sumadi (1987). Pengembangan Tes Hasil Belajar. Jakarta Rajawali: P.T. Pers.
  22. Suryabrata, Sumadi (1987). Metodologi Penelitian. Jakarta : CV. Rajawali.
  23. Tuckman, B.W.(1972). Cindukting Educational Research  New York: Harcourt Brace Jovanovich. Inc
  24. Tuckman, B.W.(1972). Conducting Educational Research (5thEd.)  New York : Harcourt Brace College Publishers.
  25. Van Dalen, D.B. & W.J. Meyer. (1966). Understanding Educational Research  New York : Mc. Graw-Hill Book Comp.

D. SISTEM PENILAIAN
1. Penilaian autentik (berupa latihan terstruktur, proposal yang dibuat sendiri, analisis
    skripsi) dengan bobot 60%.
2. Ujian tulis, yang dilaksanakan 3 kali (Ujian I, II dan III) dengan bobot 20%
3. Nilai efektif (sikap), diperoleh melalui pengamatran selama pembelajaran berlang-
    sung (termasuk kehadiran, disiplin, etika, dan lain-lain) dan melalui angket dengan
    bobot 20%



                                                                                                          MATERI FILSAFAT ILMU (1 SKS)
      MINGGU
                                                                                    TOPIK/ SUB TOPIK
           REPERENSI
            1
  1. PENDAHULUAN
1.1.Pengertian filsqafat
1.2.Lingkupan filsafat ilmu
1.3.Pengertian, Dimensi dan struktur Ilmu serta Ilmu sebagai Aktivitas Penelitian dan Metode Ilmiah

        Gie    : 27- 64
                  : 75- 84
                  : 85- 171                                                                                                                                                                                                                

  1. Dasar- dasar pengetahuan
             2.1penataran
             2.2 Logika
             2.3 Sumber pengetahuan
             2.4 Kriteria Kebenaran
Suriasumantri :
          39- 65

          II
  1. Ontologi (Hakikat apa yang dikaji )
                   3.1 Metafisika
                   3.2 Asumsi
                   3.3 Batas penjelasan Ilmu
Suriasumantri :
          63- 100
   

  1. Epistemologi ( Cara mendapatkan pengetahuan )
             4.1 Pengetahuan
             4.2 Metode Ilmiah dan sarana Berpikir Ilmiah
             4.3 Struktur Pengetahuan Ilmiah
Suriasumantri :
          1001- 164
III
  1. Aksiologi ( Nilai kegunaan ilmu )
                   5.1 Ilmu dan moral
                   5.2 Tanggung Jawab Ilmuwan
                   5.3 Bioteka
Suriasumantri :
          229- 260

  1. Hakikat dan Fumgsi IPA
Darmodjo :
  4. 1- 4 17
IV
  1. Hukum Teori, POstulat, Prinsip atau Azas
Darmojo   :
  5, 3- 5. 11

  1. Nilai- nilai Psikologis/ Paedagogis IPA dan Keterbatasan IPA
Darmodjo :
  6. 4- 6. 10


                                                               
KEPUSTAKAAN
Darmojo, hendro. (1980) filsafat ilmu pengetahuan alam . Modul 4- 6. Jakarta: Universitas terbuka.
Gie,The Liang (1999). Pengantar filsafat ilmu.Yokyakarta: Penerbit Liberty.
Guwandi, J. (2000) Bioethics & Biolaw. Jakarta: Pustaka Kedokteran UI.
Suriasumantri, Jujun S.(1996) filsafat ilmu. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
                                     ( 1994) Ilmu dalam perspektif. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

download selengkapnya: 

0 comment:

Posting Komentar

Silahkan isi komentar anda disini ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
SELAMAT DATANG DI WWW.IRFANDANI.BLOGSPOT.COM HANYA SEKEDAR CATATAN KECIL GURU GO BLOG, DAPATKAN INFORMASI PENTING PALING UPDATE DISINI | MOHON MAAF JIKA ADA KESALAHAN DALAM PENGUTIPAN SUMBER ARTIKEL DI BLOG INI DAN MOHON BAGI YANG MELAKUKAN COPY PASTE ARTIKEL DI BLOG INI AGAR MENCANTUMKAN BLOG WWW.IRFANDANI.BLOGSPOT.COM SEBAGAI SUMBERNYA. TERIMA KASIH.TTD ADMIN CP 081947401881