FAKULTAS MATEMATIKA
dan ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
JURUSAN BIOLOGI
SILABUS MATA KULIAH
(Rencana Satu Semester)
A. INFORMASI UMUM
Fakultas : MIPA
Jurusan/
Program Studi : Biologi/ Pendidikan
Biologi
Mata Kuliah : Filsafat Ilmu dan Metodologi
Penelitian Pendidikan
Kode Mata
Kuliah : L005/o030
Jumlah SKS : 4 SKS
Waktu Kuliah : disesuaikan jadwal kuliah
Dosen Pembina : Drs. Whardy Murad, Drs. Armen,
SU,
Prof. Dr. Lufri, M.S. Heffi Alberida, M.Si
B. DESKRIPSI
MATA KULIAH
1. Kedudukan
mata kuliah :
Mata
Kuliah ini merupakan matakuliah Prilaku Berkarya (MPB) dengan Kompetensi
Pendukung.
2. Sinopsis
Mata Kuliah :
Mata kuliah
ini membahas: pengantar Filsafat ilmu, pendekatan non ilmiah dan ilmiah,
penelitian dan pengembangan ilmu, masalah penelitian, latar belakang masalah,
rumusan masalah, tujuan penelitian, asumsi, hipotesis, pertanyaan penelitian
kegunaan penelitian, defenisi operasional, kerangka teoritis jernis penelitian,
desain penelitian, populasi dan sample, teknik pengambilan sample, variable,
data, instrument, teknik analisis data
dan tata tulis penulisan karya ilmiah dan laporan penelitian atau tugas
akhir.
3. Standar
Kompetensi
Setelah
mengikuti matakuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu menguasai konsep – konsep
dasar filsafat ilmua dan metodologi penelitian dan mampu menerapkannya dalam
memecahkan masalah penelitian atau melakukan penelitian.
4. Prasyarat tidak ada
C. KEPUSTAKAAN
1. Anastasi, Anne dan Urbina, Susana. (1998) Tes Psikologi. Diterjemahkan oleh :
Robertus Hariono S. Imam, MA. Jakarta. PT. Prehallindo
- Ardhana, W. (1987). Bacaan Pilihan dalam Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Depdikbud. Dirjen Dikti. Proyek Pengembangan Lembaga Tenaga Kependidikan.
- Arikuntolo, Suharsimi. (1992) Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
- Arikuntolo, Suharsimi. (2001). Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi).
Jakarta
: Bumi Aksara.
- Cambell, D.T. (1963). Experimental and Quasai – Experimental Designs for Research. \Chicago, Rand Mc. Nally College Publishing Company.
- Cochran, W.G. (1963). Sampling Techniques (2ndEd) New York: Jonh Wiley & Sons, Inc.
- Cook, T.D. Cambell, D.T. (1979). Quasai – Experimentation. Boston, Dallas, Geneva III, London: oughton Miffin Company.
- Faisal, Sanapiah dan Muloyadi Guntur Warseso. (1983) Metodsologi Penelitian Pendidikan. Surabay Usaha Nasional.
- Fraenkel, Jack R. dan Wallen, Norman E. (1996). How to Design and Evaluate Research in Education. (3thEd.). New York. Mc. Gra – Hill, Inc.
- Gay, L.R. (1987). Educational Research . (3thEd.).London: Merrill Publishing Compay.
- Gronludn, N.E. dan Linn, R.L. (1990). Measurement and Evaluation in Teaching. (6thEd.) New York Macmillan Pulbishing Company.
- Hadi, Sutrisno. (1986). Statistika Jilid III. Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM.
- Lufri dan Ardi (2000). Metodologi Penelitian. Padang: Jurusan Biologi FMIPA UNP.
- Mason. E.J. dan W.J. Brambel. (1989). Understanding and Conducting research. (2th Ed.). New York. Mc. Graw-Hill Book Comp.
- Moleong, L.J. (1997). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
- Muller, Daniel J., (1992). Mengukur Sikap Sosial. Diterjemahkan oleh: Drs. Eddy Soewardi Kartawdjaja, M.Pd. Jakarta: Bumi Aksara.
- Nazir, Mhd. (1983). Metode Penelitian : Ghalia Indonesia
- Nasution. (1987) Metodologi Research. Bandung : Jemmars
- Nasution. 1988) Metodologi Research Naturalistik Kulitatif. Bandung : Tarsito.
- Singarimbun, Masri dan Effendi, Sofian (Ed). (1995). Metodologi Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES.
- Suwarno, Bambang. (1987). Metode Kuantitatif Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial dan Pendidikan. Bandung : Sekolah Pasca Sarjana IKIP Bandung.
- Sudjana, N. & Ibrahim (1989). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung PN. Sinar Baru.
- Sudjana. (1988). Disain dan Analisis Eksperimental. Bandung Tarsito.
- Steel, R.D. dan J.H. Torrie. (1989). Prinsip dan Prosedur Statistika. (terjemahan) Jakarta: P.T. Gramedia.
- Suryabrata, Sumadi (1987). Pengembangan Tes Hasil Belajar. Jakarta Rajawali: P.T. Pers.
- Suryabrata, Sumadi (1987). Metodologi Penelitian. Jakarta : CV. Rajawali.
- Tuckman, B.W.(1972). Cindukting Educational Research New York: Harcourt Brace Jovanovich. Inc
- Tuckman, B.W.(1972). Conducting Educational Research (5thEd.) New York : Harcourt Brace College Publishers.
- Van Dalen, D.B. & W.J. Meyer. (1966). Understanding Educational Research New York : Mc. Graw-Hill Book Comp.
D. SISTEM PENILAIAN
1. Penilaian
autentik (berupa latihan terstruktur, proposal yang dibuat sendiri, analisis
skripsi) dengan bobot 60%.
2. Ujian
tulis, yang dilaksanakan 3 kali (Ujian I, II dan III) dengan bobot 20%
3. Nilai
efektif (sikap), diperoleh melalui pengamatran selama pembelajaran berlang-
sung (termasuk kehadiran, disiplin, etika,
dan lain-lain) dan melalui angket dengan
bobot 20%
MATERI FILSAFAT ILMU (1 SKS)
|
MINGGU
|
TOPIK/ SUB TOPIK
|
REPERENSI
|
|
1
|
1.1.Pengertian filsqafat
1.2.Lingkupan filsafat ilmu
1.3.Pengertian, Dimensi dan struktur
Ilmu serta Ilmu sebagai Aktivitas Penelitian dan Metode Ilmiah
|
Gie : 27- 64
: 75- 84
:
85- 171
|
|
|
2.1penataran
2.2 Logika
2.3 Sumber pengetahuan
2.4 Kriteria Kebenaran
|
Suriasumantri :
39- 65
|
|
II
|
3.1 Metafisika
3.2 Asumsi
3.3 Batas penjelasan Ilmu
|
Suriasumantri :
63- 100
|
|
|
4.1 Pengetahuan
4.2 Metode Ilmiah dan sarana
Berpikir Ilmiah
4.3 Struktur Pengetahuan Ilmiah
|
Suriasumantri :
1001- 164
|
|
III
|
5.1 Ilmu dan moral
5.2 Tanggung Jawab Ilmuwan
5.3 Bioteka
|
Suriasumantri :
229- 260
|
|
|
|
Darmodjo :
4. 1- 4 17
|
|
IV
|
|
Darmojo :
5, 3- 5. 11
|
|
|
|
Darmodjo :
6. 4- 6. 10
|
KEPUSTAKAAN
Darmojo, hendro. (1980) filsafat ilmu pengetahuan alam . Modul
4- 6. Jakarta:
Universitas terbuka.
Gie,The Liang (1999). Pengantar filsafat ilmu.Yokyakarta:
Penerbit Liberty.
Guwandi, J. (2000) Bioethics & Biolaw. Jakarta: Pustaka Kedokteran UI.
Suriasumantri, Jujun S.(1996) filsafat ilmu. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
( 1994) Ilmu dalam perspektif. Jakarta:
Yayasan Obor Indonesia.
download selengkapnya:


0 comment:
Posting Komentar
Silahkan isi komentar anda disini ^_^