FAKULTAS
MATEMATIKA DAN ILU PENGETHAUAN ALAM
UNIVERSITAS
NEGERI PADANG
JL. Prof. Dr. Hamka, Kampus
Air Tawar Padang Telp. (0751) 57420
SILABUS
MATA KULIAH
(Rencana satu semester)
A.
Informasi Umunm
Fakultas :
MIPA Universitas Negeri Padang
Jurusan/ Program Studi : Biologi/ Pendidikan Biologi dan Biologi
Mata Kuliah :
Media Pendidikan Biologi
Kode Mata Kuliah :
Jumlah SKS :
2 SKS
Tempat/ Ruang Kuliah : Gedung FMIPA UNP
Waktu Kuliah :
Disesuaikan Jadual Kuliah
Tempat Konsultasi : Diatur Sendiri
Dosen Pembina :
1. Drs, Ristiono.M.Pd
2. Drs. Ardi. M.Si
B.
Deskripsi Mata Kuliah
1.
Kedudukan matakuliah
Mata kuliah
Keahlian Berkarya (MKKB) Pendukung Mata Kuliah Utama.
2.
Sinopsis matakuliah
Pemahaman tentang
pengertian jenis, karakteristik dan fungsi media dalam Komunikasi Umumnya dan
pembelajaran bilogi khususnya pemilihan dan pemamfaatan media dalam
pembelajaran
3.
Standar kompetensi
Memahami konsep-konsep
media pendidikan, mampu merancang dan membuat media pengajaran, trampil memilih
media yang cocok untuk tiap matrei pelajaran biologi, trampil mengunakan
berbagai media pembelajaran dan mampu trampil merancang media dengan
menggunakan multimedia.
4. Prasyarat” Tidak ada
C.
Kepustakaan.
1.
Anominous.(1990) Transvisi PT.
Hambert Disjen Dikdasmen Depdikbud. Jakarta
2.
Dennis,M.Mr. (1978) Laboratary
Management and Technigus For School and Calledges, RESCAM ,Anthonian,
Kualalumpur.
3.
Dirdjosoemarto,Soehdjojo (1981)
Media pendidikan P3G, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
4.
Hamalik, Umar,Drs.(1977) Media
Pendidikan,Penerbit Alumni Bandung
5.
Miarso, Yusuf Hadi (1986) Media
komunikasiuntuk Biologi
6.
Prawoto,Drs (1989) Media
Instruksional untuk Biologi
7.
Rustaman Nuryani,Y(2003) Strategi
belajar mengajar biologi UNP
D.
SISTEM PENILAIAN
PAP (acuan patokan)
Ujian Semester Mid semester asaesmen autentik (asesmen kinerja penggunaan
pertanyaan observasi presentasi diskusi tugas-tugas dan pekerjaan rumah) untuk
masing ranah (Kognitif, Psikomotor dan Afektif) 10 % kognitif,60% psikomotor,
30%afektif,
E. URAIAN KOMPETENSI
DASAR, MATERI POKOK, INDIKATOR
Pertemuan/
Minggu ke
|
Kompetensi
Dasar
|
Indicator
|
Pengalaman Belajar
|
Materi pokok
|
Alokasi
waktu
|
Sumber/ Bahan
bacaan
|
1
|
memahami Konsep-konsep media Pendidikan
|
1.1.
Mampu Menjelaskan dengan sebuah
contoh maksud hasrat ingin tahu sebagai dasar orang meneliti
1.2.
menjelaskan macam-macam
pendekatan ilmiah
1.3.
menjelaskan dengan contoh maksud
pendekatan ilmiah serta langkah-langkahnya
1.4.
menunjukan sebuah bukti bahwa
berhubungan erat dengan pengembangan ilmu
|
Dengan pendekatan deduktif-induktif, dan
dibantu dengan media transparansi, mahasiswa mengem-bangkan dengan
contoh-contoh yang digali sendiri atau sebaliknya, dari contoh-contoh yang
dibereikan dosen, mahasiswa dapat menyim-pulkan makna dan konsep yang
berhubungan dengan hasrat ingin tahu, pendekatan non-ilmiah dan ilmiah, serta
hubungan penelitian dan pengembangan ilmu
|
1.1.
Hasrat ingin tahu sebagai dasar
orang meneliti
1.2.
Pendekatan non-ilmiah
1.3.
Pendekatan ilmiah
1.4.
Penelitian dan pengembangan ilmu
|
3 x 50
|
Buku No.:
13, hal.
2-7
25, hal
2-8
|
2
|
Memahami dasar pertimbangan penggunaan media
dalam pembelajaran
|
2.1. Menjelaskan konsep masalah
dan masalah penelitian
2.2.
Menjelaskan sumber–sumber
masalah penelitian
2.3. Mambuat
beberapa contoh
judul
penelitian
|
Dengan metode Tanya jawab, bebe-rapa contoh
dari dosen dan pende-katan deduktif–induktif, mashasiswa menggali sendiri
konsep masalah, sumbeer – sumber masalah dan judul penelitian.
|
2.1. Masalah penelitian
2.2. sumber masalah
2.3. Judul Penelitian
|
3 x 50
|
Buku No.:
13, hal.
8-17
3,
hal 21-31
|
3
|
Mampu menguasai kon-sep; latar belakang
ma-salah,batas masalah, rumusan masalah dan tujuan penelitian.
|
3.1. Membuat contoh latar bela-
kang masalah yang tepat.
3.2
Membuat contoh masalah
Yang tepat
3.3
Membuat contoh rumusan masalah yang tepat.
3.4
Mambuat contoh tujuan
pe-nelitian yang tepat.
|
Dengan mempelajari buku, skripsi dan
penjelasan dosen, mahasiswa belatih membuat contoh latar bela-kang masalah,
batasan dan rumusan serta tujuan penelitian.
|
3.1. Latar belakang
masalah.
3.2 Batasan masalah
3.3 Rumusan masalah.
3.4 Tujuan penelitian.
|
3 x 50
|
Buku No.:
13, hal.
18-25
3,
hal 39-53
|
4
|
Mampu menguasai kon-sep: asumsi, hipotesis,
pertanyaan penelitian, kegunaan, dan defenisi operasional.
|
4.1. Membuat contoh asumsi
yang tepat.
4.2. Membuat
contoh hipotesis
yang tepat
4.3. Membuat
contoh pertanyaan
penelitian yang
tepat
4.4. Membuat
contoh kegunaan
penelitian yang tepat
4.5. Membuat
contoh definisi operasional yang tepat.
|
Dengan mempelajari buku, skripsi dan
penjelasan dosen, mahasisw berlatih membuat contoh asumsi, hipotesis,
pertanyaanpenelitian kegunaan penelitian, definisi operasional.
|
4.1.Asumsi
4.2. hipotesis
4.3. Pertanyaan
penelitian
4.4. Kegunaan
penelitian
4.5. Definisi
operasional
|
3 x 50
|
Buku No.:
13, hal.
25-42
3,
hal 53-71
|
5
|
Mampu memahami makna dan fungsi kaji-an
teori, macam–macam sumber, cara menyusun kajian teori dan kerangka
konsep-tual.
|
5.1. Menjelaskan makna dan
fungsi kajian teori
5.2. Mengemukakan macam-
macam sumber kajian teori.
5.3. Membuat contoh cara me-
nyusun kajian teori.
5.4. Membuat
contoh kerangka
berpikir.
|
Dengan mempelajari buku, skripsi dan
penjelasan dosen, mahasiwa berlatih membuat contoh sistemati-ka kajian teori,
menemukan macam-macam sumber kajian teori, dan berlatih menyusun kajian teori
dan membuat kerangka berpikir.
|
5.1. Makna dan
fungsi
kajian teori.
5.2. Macam –
macam
sumber kajian teori
5.3. Cara
menyusun kajian toeri.
5.4.Kerangkas
berpikir.
|
3 x 50
|
Buku No.:
13, hal.
43-49
20,
hal 70-86
|
UJIAN I
|
||||||
6
|
Mampu menguasai jenis –jenis penelitian.
|
6.1. Menjelaskan dengan contoh
konsep penelitian deskriptif
6.2. Mengemukakan pembagian
penelitian deskriptif dan me-
njelaskannya masing–
masing.
6.3. Menjelaskan dengan contoh
konsep penelitian
eksperimen.
6.4. Mengemukakan persyaratan
yang harus dipenuhi oleh
penelitian
|
Dengan mempelajari buku, skripsi, diskusi,
dan penjelasan dosen, membandingkan contoh penelitian deskriptif dan
eksperimen dapat membedakan.
|
6.1. Penelitian
deskriptif.
6.2. Pembagian
penelitian
deskriptif.
6.3. Penelitian
eksperimen
6.4.
Persyaratan penelitian eksperimen.
|
3 x 50
|
Buku No.:
13, hal.
50-71
25,
hal 9-42
|
7
|
Mampu menguasai macam – macam desain
eksperimen.
|
7.1. Menjelaskan konsep desain
penelitian kependidikan
7.2. Mengemukakan pembagian
desain penelitian penelitian
dan membuatkan contoh
masing – masing
7.3. Menjelaskan kosnep desain
penelitian non kependidikan
7.4. Mengemukakan pembagian
desian penelitian non kepen-
didikan dan membuatkan
contoh masing – masing.
|
Dengan mempelajari buku, skripsi, diskusi
dan penjelasan dosen, meng-gunakan media transparani, mem-bandingkan contoh
penelitian eksperimen pada bidang kenpendi-dikan dan non kependidikan,
bela-tih secara terstruktur, mehesiswa dapat menguasai desain eksperimen
kedua bidang ini
|
7.1. Desain penelitian
kependidikan
7.2. Pembagian desain pe-
nelitian kependidikan
7.3. Desain penelitian non
Kependidikan
7.4. Pembagian desain pe-
nelitian non kependi-
dikan
|
3 x 50
|
Buku no.
13, hal. 59-70
23, hal
24,
25, hal 43-64
|
8
|
Mampu memahami po-pulasi, sample dan teknik
pengambilan sampel.
|
8.1. Menjelaskan konsep populasi
dalam penelitian
8.2. Menjelaskan konsep sampel
8.3. Menjelaskan macam–macam
teknik pengambilan sampel.
|
Mahasiswa mempelajari buku, akripsi,
berdikusidan mendapat penjelasan dosen menggunakan media transparansi,
berlatih secara terstruktur, merumuskan populasi, sampel dan teknik
pengmabilannya.
|
8.1. Populasi
8.2. Sampel
8.3. Teknik
|
3 x 50
|
Buku no.
3, hal 102-115
13, hal 71-86
|
9.
|
Mampu memahami variable dan tata
penelitian
|
9.1. Menjelaskan konsep variable
penelitian.
9.2. Mengemukakan pembagian
variable dengan penjelasan-
nya masing – masing
9.3. Menjelaskan konsep data
Penelitian
9.4. Mengemukakan pembagian
data dengan penjelasannya
masing – masing
|
Mahasiswa mempelajari buku, skripsi, diskusi
dan mendapat penjelasan dosen, bertanya jawab, menggunakan media
transparqaansi, berlatih secara terstruktur merumuskan contoh variabel dan
data penelitian.
|
9.1. Variabel penelitian
9.2. Pembagian variable
9.3. Data Penenlitian
9.4. Pembagian data
|
3 x 50
|
Buku. No.
3, hal 88 – 100
1 hal, 87 – 97
|
10
|
Mampu menguasai instrumentasi
|
10.1 Menjelaskan konsep
Instrumentasi
10.2 Menjelaskan konsep
validitass dan reabilitas
10.3 Mengemukan pembagian
validitas dan reliabilitas
instrument serta
menentukan caranya
masing- masing
|
Mahasiswa mempelajari Buku, skripsi,
berdiskusi dan mendapatkan
Penjelasan dosen, bertanya jawab,
menggunakan media transparansi, berlatih secara terstruktur untuk menentukan
validitas dan reliablitas instrument penelitian
|
10.1 Instrumentasi
10.2 Validitasi dan
Reliabilitas
10.3 Pembagian validitas
dan reabilitas
instrument penelitian
|
3 x 50
|
Buku no.
3, hal. 120- 187
13, hal 98- 113
20.hal, 122- 146
|
11
|
Mampu menguasai teknik analisis data
|
11.1 Menjelaskan konsep analisis
Kualitatif
11.2 Menjelaskan konsep analisis
Kuantitatif
11.3 Mengaplikasikan berbagai te
Knik kuantitatif dalam
menganalisis data
|
Mahasiswa mempelajari buku, skripsi,
berdiskusi dan mendapatkan penjelasan dari dosen, bertanya jawab, mengunakan
pendekatan CTL media transparansi,
berlatih secara terstruktur berkelompok untuk menggunakan teknik analisis
data
|
11.1
|
|
|
download:
http://www.ziddu.com/download/13157938/MediaPendidikanbio.doc.html
0 comment:
Posting Komentar
Silahkan isi komentar anda disini ^_^