"Selamat datang diblog imajinasiku "Pandani Blog", Blog ini hanya sekedar catatan kecil untuk berbagi informasi dan ilmu pengetahuan, isi blog ini merupakan kutipan dari artikel-artikel menarik yang saya baca dari teman-blogger.konten isi: unik,aneh,terselubung,lucu,menarik,di dunia,tapi nyata,dan langka,BLOGSPOT,BLOGGER,aneh22,video,gambar,ajaib,bin ajaib,sungguh,penuh kuasa,unik77.tk,unik4u,unic77.tk,gokil,extreme,medis,kriminal,arkeologi,antariksa,UFO,dinosaurus,kita,flora,fauna,misteri,bumi,militer,hiburan,ekonomi,bahasa, teknologi,sejarah,politik,tokoh,hukum,mumi,rumor,motivasi,moral,hewan,tumbuhan,tips trick,kuliner,otomotif,pendidikan,galleri,musik,sms,hantu,wallpaper,artis indonesia,foto,download. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan alamat sumber artikel yang ada di blog ini. semoga isi blog ini bisa bermanfaat bagi semua ^_^" ".
CAUTION....!!! "Makasi atas kunjungannya Sob".
Harap tinggalkan pesan atau komentar Sobat semua mengenai blog ini, Salam hangat... buat semua

by: pandani
Irfan Dani | Buat Lencana Anda
BannerFans.com
 style=

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.
Free Website Hosting

DAFTAR ISI BLOG

imajinasiku......!!! Headline Animator

Selasa, 28 Desember 2010

Silabus media pendidikan


FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILU PENGETHAUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
JL. Prof. Dr. Hamka, Kampus Air Tawar Padang Telp. (0751)  57420
                                                SILABUS MATA KULIAH
(Rencana satu semester)

A.    Informasi Umunm
Fakultas                                   : MIPA Universitas Negeri Padang
Jurusan/ Program Studi           : Biologi/ Pendidikan Biologi dan Biologi
Mata Kuliah                            : Media Pendidikan Biologi
Kode Mata Kuliah                  :
Jumlah SKS                            : 2 SKS
Tempat/ Ruang Kuliah            : Gedung FMIPA UNP
Waktu Kuliah                          : Disesuaikan Jadual Kuliah
Tempat Konsultasi                  : Diatur Sendiri
Dosen Pembina                       : 1. Drs, Ristiono.M.Pd                                                            
                                                  2. Drs. Ardi. M.Si
                                                   
B.     Deskripsi Mata Kuliah
1.                              Kedudukan matakuliah
Mata kuliah Keahlian Berkarya (MKKB) Pendukung Mata Kuliah Utama.
2.                              Sinopsis matakuliah
Pemahaman tentang pengertian jenis, karakteristik dan fungsi media dalam Komunikasi Umumnya dan pembelajaran bilogi khususnya pemilihan dan pemamfaatan media dalam pembelajaran

3.                              Standar kompetensi
Memahami konsep-konsep media pendidikan, mampu merancang dan membuat media pengajaran, trampil memilih media yang cocok untuk tiap matrei pelajaran biologi, trampil mengunakan berbagai media pembelajaran dan mampu trampil merancang media dengan menggunakan multimedia.
       4.  Prasyarat” Tidak ada

C.     Kepustakaan.
1.      Anominous.(1990) Transvisi PT. Hambert Disjen Dikdasmen Depdikbud. Jakarta
2.      Dennis,M.Mr. (1978) Laboratary Management and Technigus For School and Calledges, RESCAM ,Anthonian, Kualalumpur.
3.      Dirdjosoemarto,Soehdjojo (1981) Media pendidikan P3G, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
4.      Hamalik, Umar,Drs.(1977) Media Pendidikan,Penerbit Alumni Bandung
5.      Miarso, Yusuf Hadi (1986) Media komunikasiuntuk Biologi
6.      Prawoto,Drs (1989) Media Instruksional untuk Biologi
7.      Rustaman Nuryani,Y(2003) Strategi belajar mengajar biologi UNP           


D.    SISTEM PENILAIAN
PAP (acuan patokan) Ujian Semester Mid semester asaesmen autentik (asesmen kinerja penggunaan pertanyaan observasi presentasi diskusi tugas-tugas dan pekerjaan rumah) untuk masing ranah (Kognitif, Psikomotor dan Afektif) 10 % kognitif,60% psikomotor, 30%afektif,


















E. URAIAN KOMPETENSI DASAR, MATERI POKOK, INDIKATOR
Pertemuan/
Minggu ke
Kompetensi
Dasar
Indicator
Pengalaman Belajar
Materi pokok
Alokasi
waktu
Sumber/ Bahan
bacaan
1
memahami Konsep-konsep media Pendidikan
1.1.  Mampu Menjelaskan dengan sebuah contoh maksud hasrat ingin tahu sebagai dasar orang meneliti
1.2.  menjelaskan macam-macam pendekatan ilmiah
1.3.  menjelaskan dengan contoh maksud pendekatan ilmiah serta langkah-langkahnya
1.4.  menunjukan sebuah bukti bahwa berhubungan erat dengan pengembangan ilmu
Dengan pendekatan deduktif-induktif, dan dibantu dengan media transparansi, mahasiswa mengem-bangkan dengan contoh-contoh yang digali sendiri atau sebaliknya, dari contoh-contoh yang dibereikan dosen, mahasiswa dapat menyim-pulkan makna dan konsep yang berhubungan dengan hasrat ingin tahu, pendekatan non-ilmiah dan ilmiah, serta hubungan penelitian dan pengembangan ilmu
1.1.  Hasrat ingin tahu sebagai dasar orang meneliti
1.2.  Pendekatan non-ilmiah
1.3.  Pendekatan ilmiah
1.4.  Penelitian dan pengembangan ilmu




3 x 50
Buku No.:
13, hal.  2-7
25, hal  2-8
2
Memahami dasar pertimbangan penggunaan media dalam pembelajaran
2.1. Menjelaskan konsep masalah
       dan masalah penelitian
2.2. Menjelaskan sumber–sumber  
       masalah penelitian
2.3. Mambuat beberapa contoh
judul penelitian
Dengan metode Tanya jawab, bebe-rapa contoh dari dosen dan pende-katan deduktif–induktif, mashasiswa menggali sendiri konsep masalah, sumbeer – sumber masalah dan judul penelitian.
2.1. Masalah penelitian
2.2. sumber masalah
2.3. Judul Penelitian
3 x 50
Buku No.:
13, hal.  8-17
  3, hal  21-31
3
Mampu menguasai kon-sep; latar belakang ma-salah,batas masalah, rumusan masalah dan tujuan penelitian.
3.1. Membuat contoh latar bela-
       kang masalah yang tepat.
3.2    Membuat contoh masalah 
Yang tepat
3.3     Membuat contoh rumusan masalah yang tepat.
3.4    Mambuat contoh tujuan pe-nelitian yang tepat.
Dengan mempelajari buku, skripsi dan penjelasan dosen, mahasiswa belatih membuat contoh latar bela-kang masalah, batasan dan rumusan serta tujuan penelitian.



3.1. Latar belakang 
       masalah.
3.2  Batasan masalah 
3.3  Rumusan masalah.
3.4  Tujuan penelitian.
3 x 50
Buku No.:
13, hal.  18-25
  3, hal  39-53
4
Mampu menguasai kon-sep: asumsi, hipotesis, pertanyaan penelitian, kegunaan, dan defenisi operasional.  
4.1. Membuat contoh asumsi  
       yang tepat.
4.2. Membuat contoh hipotesis
yang tepat
4.3. Membuat contoh pertanyaan
penelitian yang tepat
4.4. Membuat contoh kegunaan 
        penelitian yang tepat
4.5. Membuat contoh definisi operasional yang tepat.
Dengan mempelajari buku, skripsi dan penjelasan dosen, mahasisw berlatih membuat contoh asumsi, hipotesis, pertanyaanpenelitian kegunaan penelitian, definisi operasional. 




4.1.Asumsi
4.2. hipotesis
4.3. Pertanyaan penelitian
4.4. Kegunaan penelitian
4.5. Definisi operasional
3 x 50
Buku No.:
13, hal.  25-42
  3, hal  53-71
5
Mampu memahami makna dan fungsi kaji-an teori, macam–macam sumber, cara menyusun kajian teori dan kerangka konsep-tual.
5.1. Menjelaskan makna dan
       fungsi kajian teori
5.2. Mengemukakan macam-
       macam sumber kajian teori.
5.3. Membuat contoh cara  me-
       nyusun kajian teori.
5.4. Membuat contoh kerangka  
       berpikir.  
Dengan mempelajari buku, skripsi dan penjelasan dosen, mahasiwa berlatih membuat contoh sistemati-ka kajian teori, menemukan macam-macam sumber kajian teori, dan berlatih menyusun kajian teori dan membuat kerangka berpikir.
5.1. Makna dan fungsi  
       kajian teori.
5.2. Macam – macam 
       sumber kajian teori
5.3. Cara menyusun kajian toeri.
5.4.Kerangkas berpikir.
3 x 50
Buku No.:
13, hal.  43-49
 20, hal  70-86
UJIAN   I
6
Mampu menguasai jenis –jenis penelitian.
6.1. Menjelaskan dengan contoh 
       konsep penelitian deskriptif
6.2. Mengemukakan pembagian  
       penelitian deskriptif dan  me-
       njelaskannya masing–
       masing.
6.3. Menjelaskan dengan contoh
       konsep penelitian 
       eksperimen. 
6.4. Mengemukakan persyaratan
       yang harus dipenuhi oleh
       penelitian  
Dengan mempelajari buku, skripsi, diskusi, dan penjelasan dosen, membandingkan contoh penelitian deskriptif dan eksperimen dapat membedakan.
6.1. Penelitian deskriptif.
6.2. Pembagian penelitian 
       deskriptif.
6.3. Penelitian eksperimen
6.4. Persyaratan penelitian eksperimen.
3 x 50
Buku No.:
13, hal.  50-71
 25, hal    9-42
7
Mampu menguasai macam – macam desain eksperimen. 
7.1. Menjelaskan konsep desain
       penelitian kependidikan
7.2. Mengemukakan pembagian 
       desain penelitian penelitian
       dan membuatkan contoh
       masing – masing
7.3. Menjelaskan kosnep desain 
       penelitian non kependidikan
7.4. Mengemukakan pembagian
       desian penelitian non kepen-
        didikan dan membuatkan
        contoh masing – masing.
Dengan mempelajari buku, skripsi, diskusi dan penjelasan dosen, meng-gunakan media transparani, mem-bandingkan  contoh  penelitian eksperimen pada bidang kenpendi-dikan dan non kependidikan, bela-tih secara terstruktur, mehesiswa dapat menguasai desain eksperimen kedua bidang ini
7.1. Desain penelitian
       kependidikan
7.2. Pembagian desain pe- 
       nelitian kependidikan
7.3. Desain penelitian non
       Kependidikan
7.4. Pembagian desain pe-
       nelitian non kependi-
       dikan
3 x 50
Buku no.
13, hal. 59-70
23, hal
24,
25, hal 43-64
8
Mampu memahami po-pulasi, sample dan teknik pengambilan sampel.
8.1. Menjelaskan konsep populasi
       dalam penelitian
8.2. Menjelaskan konsep sampel
8.3. Menjelaskan macam–macam
       teknik pengambilan sampel.
Mahasiswa mempelajari buku, akripsi, berdikusidan mendapat penjelasan dosen menggunakan media transparansi, berlatih secara terstruktur, merumuskan populasi, sampel dan teknik pengmabilannya.
8.1. Populasi
8.2. Sampel
8.3. Teknik
3 x 50
Buku no.
3, hal 102-115
13, hal 71-86
9.
Mampu memahami variable dan tata penelitian 
9.1. Menjelaskan konsep variable
       penelitian.
9.2. Mengemukakan pembagian
       variable dengan penjelasan-
       nya masing – masing
9.3. Menjelaskan konsep data
       Penelitian
9.4. Mengemukakan pembagian
       data dengan penjelasannya
       masing – masing
Mahasiswa mempelajari buku, skripsi, diskusi dan mendapat penjelasan dosen, bertanya jawab, menggunakan media transparqaansi, berlatih secara terstruktur merumuskan contoh variabel dan data penelitian.
9.1. Variabel penelitian
9.2. Pembagian variable
9.3. Data Penenlitian
9.4. Pembagian data
3 x 50
Buku. No.
3, hal 88 – 100
1 hal, 87 – 97
10
Mampu menguasai instrumentasi
10.1 Menjelaskan konsep
        Instrumentasi
10.2 Menjelaskan konsep
        validitass dan reabilitas
10.3 Mengemukan pembagian
        validitas dan reliabilitas
        instrument serta
        menentukan caranya
        masing- masing
Mahasiswa mempelajari Buku, skripsi, berdiskusi dan mendapatkan
Penjelasan dosen, bertanya jawab, menggunakan media transparansi, berlatih secara terstruktur untuk menentukan validitas dan reliablitas instrument penelitian
10.1 Instrumentasi
10.2 Validitasi dan
        Reliabilitas
10.3 Pembagian validitas
        dan reabilitas
         instrument penelitian
3 x 50
Buku no.
3, hal. 120- 187
13, hal 98- 113
20.hal, 122- 146




11
Mampu menguasai teknik analisis data
11.1 Menjelaskan konsep analisis
       Kualitatif
11.2 Menjelaskan konsep analisis
        Kuantitatif
11.3 Mengaplikasikan berbagai te
        Knik kuantitatif dalam
        menganalisis data
Mahasiswa mempelajari buku, skripsi, berdiskusi dan mendapatkan penjelasan dari dosen, bertanya jawab, mengunakan pendekatan  CTL media transparansi, berlatih secara terstruktur berkelompok untuk menggunakan teknik analisis data
11.1



 download:
http://www.ziddu.com/download/13157938/MediaPendidikanbio.doc.html

0 comment:

Posting Komentar

Silahkan isi komentar anda disini ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
SELAMAT DATANG DI WWW.IRFANDANI.BLOGSPOT.COM HANYA SEKEDAR CATATAN KECIL GURU GO BLOG, DAPATKAN INFORMASI PENTING PALING UPDATE DISINI | MOHON MAAF JIKA ADA KESALAHAN DALAM PENGUTIPAN SUMBER ARTIKEL DI BLOG INI DAN MOHON BAGI YANG MELAKUKAN COPY PASTE ARTIKEL DI BLOG INI AGAR MENCANTUMKAN BLOG WWW.IRFANDANI.BLOGSPOT.COM SEBAGAI SUMBERNYA. TERIMA KASIH.TTD ADMIN CP 081947401881